$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Selalu Ada Kata Kembali pada Bunaken yang Indah

Bunaken, dan pulau-pulau lainnya seperti Manado Tua, Siladen, Mantehage dan Nain berada di teluk Manado yang beriak tenang



Disela tugas kantor yang mengharuskan saya berada di Sulawesi Utara untuk beberapa hari, Bunaken menjadi salah satu “agenda” yang harus disisipkan. Menurut referensi yang saya baca, Bunaken memiliki kekayaan biodiversity tertinggi di dunia makanya kesempatan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Beruntung, hari minggu pagi saya sudah duduk di kapal kayu bermotor yang membawa saya ke Bunaken. Penyeberangan Manado-Bunaken menghabiskan waktu sekitar 30-40 menit berayun di teluk Manado. Ada dua tempat yang melayani penyeberangan Manado-Bunaken, yaitu Pelabuhan Marina dan Pasar Pagi. Kami memilih pergi ke pasar pagi untuk mendapatkan kapal dengan harga lebih murah.

Pelabuhan Pasar Pagi Manado

Tidak ada kata bosan saat penyeberangan. Gunung, awan, dan pulau-pulau diseberang menyatu dalam kanvas besar Ilahi. Gugusan pulau sebelah kanan, Pulau Manado Tua yang nampak sepeti gunung di sebelah kiri dan matahari yang belum begitu tinggi menyinari. Dalam penyeberangan ini saya memilih duduk di haluan kapal yang cukup lebar untuk meluruskan kaki. Lukisan alam, sinar hangat matahari pagi, dan aroma air laut... perfect!

kegiatan snorkelling di Taman Laut Bunaken

Bunaken, dan pulau-pulau lainnya seperti Manado Tua, Siladen, Mantehage dan Nain berada di teluk Manado yang beriak tenang. Titik titik penyelaman berada di sekitar pulau-pulau tersebut. Ketika merapat di sisi barat Bunaken, sudah banyak kapal kayu yang sandar. Rupanya, kapal-kapal kayu ini juga mengantar wisatawan yang ingin melihat indahnya panorama bawah laut teluk manado.

Bagi yang tidak membawa peralatan diving atau cuma sekedar snorkeling bisa mendapatkan peralatan untuk diving ataupun snorkeling di sana. Warung-warung yang berada di tepi pantai menyewakan berbagai peralatan menyelam sekaligus pemandu bagi mereka yang sama sekali belum pernah menyelam. Dan bagi yang tidak membawa underwater camera, disewakan juga beserta fotografernya. Lengkap. Tinggal pilih saja apa kebutuhan yang kita inginkan.



Saya memilih melakukan snorkeling saja. Setelah menghabiskan satu butir kelapa muda penghilang dahaga,saya bersama dengan seorang kawan siap menuju titik-titik snorkeling dengan diantar oleh perahu kayu yang sama. Siang itu belum banyak rombongan yang akan snorkeling, kami kapal ketiga yang mencapai lokasi jadi kami bebas memilih dimana akan melempar jangkar. Di atas kapal, pemandu selam memberitahu kami beberapa hal yang harus dilakukan. Setelah siap, kami mulai terjun ke air untuk melihat ikan-ikan dan karang di dasar laut.

Mula-mula kami diarahkan ke dasar laut yang tidak begitu dalam. “Pemanasan dulu,” kata sang Pemandu. Setelah terbiasa dengan sepatu katak dan cara bernafas menggunakan snorkle – yang menurut saya agak membingungkan karena harus bernafas hanya lewat mulut – kami mulai diantar menuju drop off (palung) tidak jauh dari tempat kami melakukan pemanasan.

Mamma mia...!
Indahnya tarian ikan-ikan kecil nan lugu membuat saya tidak ingin melihat hal lain. Entah berapa jenis ikan berwarna-warni mengelilingi saya. Diantara merah hijau biru ikan-ikan itu hanya satu yang saya ketahui namanya, Nemo si Ikan Badut (clown fish). Belasan jenis lainnya tidak saya ketahui. Betapa terbatasnya pengetahuan saya tentang bawah laut membuat saya hanya bisa kagum dan tertegun dengan kekayaan dunia.

Pantai Bunaken Menado Pantai Bunaken Menado

Entah berapa lama saya berkeliling-keliling memanjakan mata dengan sesekali menghadap kamera untuk bergaya. Teman saya juga nampaknya sangat menikmati aktifitas ini. Pemandu yang menemani kami juga sangat kooperatif dengan keinginan kami. Kami minta berpindah-pindah tempat dilayani dengan sabar, bahkan ketika kami minta istirahat sejenak di atas kapal menikmati pisang goreng yang kami pesan sebelumnya. Setelah itu, terjun lagi.

Pantai Bunaken Menado

Sebenarnya tidak ada kata puas menjelajahi bawah laut Bunaken, tapi matahari sudah meninggi dan kulit mulai terbakar. Kami memutuskan untuk kembali ke tepi pantai untuk menikmati makan siang. Sembari menikmati ikan bakar dan tumis kangkung, kami memuji semua yang kami lihat di bawah laut. Hanya saja ada hal yang mengganggu, soal sampah. Banyak sampah plastik yang ikut berenang dan menyelam bersama kami. Jika tidak ditanggulangi sejak hari ini, sampah-sampah ini akan mengurangi nilai jual Bunaken secara keseluruhan.

Kami harus kembali ke Manado sore itu juga. Jika memutuskan untuk bermalam, Bunaken juga menyediakan tempat-tempat bermalam yang terjangkau. Bunaken, salah satu keindahan Indonesia yang tercipta untuk terus kita jaga kelestariannya. Selalu ada kata untuk kembali pada Bunaken yang indah.

Penulis:
(dasahasta, peneliti di Tranparency International Indonesia. Foto: Reza Syawawi.)

COMMENTS

open trip pulau harapan
open trip pulau tidung
paket open trip pulau harapan
Nama

aceh,1,adat,3,adventure,30,agenda,12,agrowisata,1,air,2,air terjun,3,aktifitas,1,artikel,13,baduy,3,bahari,12,bali,1,berita,31,biak,4,biak numfor,4,bogor,1,borneo,1,bromo,3,budaya,10,cagar alam,4,camping,3,candi,3,club,2,curug,2,database,20,dieng,2,direktori,21,ekowisata,19,erupsi,6,explore indonesia,7,fauna,6,festival,5,gallery,37,gili,2,green canyon,7,gua,2,gunung,32,gunung indonesia,23,gunung kidul,1,habitat,5,halmahera,1,heritage,6,hidram,1,hiking,3,hobby,2,indonesia,18,internasional,1,jasa,4,jateng,11,jatim,18,jawa,15,jawa tengah,2,jawabarat,17,kabar,43,kalimantan,1,kampung,4,karnaval,2,karst,3,keluarga,15,kliping,4,komodo,1,komunitas,2,konservasi,8,koran,1,krakatau,2,lampung,3,lansekap,9,liburan,17,lingkungan,5,lombok,3,lsm,3,mafif,16,maluku,1,merapi,17,mojokerto,7,musium,2,nusantara,6,olahraga,2,outdoor,4,panduan,2,pangandaran,7,pantai,10,papua,7,pegunungan,3,pelatihan,4,pendidikan,8,penelitian,3,pengetahuan,7,penginapan,6,perayaan,1,perjalanan,23,permainan,1,perusahaan,2,peta,1,produk,1,profil,7,promosi,6,pulau,14,pulau seribu,7,puncak,1,purbakala,6,pusaka,8,rekreasi,16,resort,2,sejarah,13,semarang,2,sepeda,2,situs,3,snorkeling,2,sosok,1,spesies,1,suaka,5,suaka margasatwa,2,sulawesi,2,sulteng,1,sumbawa,1,taman laut,3,taman nasional,11,teknologi,2,tepat guna,2,tips info,4,travel story,28,trawangan,1,tutorial,1,ujung genteng,3,ujung kulon,1,unesco,1,unggas,2,untung jawa,2,urban,1,video,1,visit,9,wana wisata,4,website,4,weekend,13,wisata,20,wisata alam,23,zonasi,2,
ltr
item
dari Sabang sampai Merauke: Selalu Ada Kata Kembali pada Bunaken yang Indah
Selalu Ada Kata Kembali pada Bunaken yang Indah
Bunaken, dan pulau-pulau lainnya seperti Manado Tua, Siladen, Mantehage dan Nain berada di teluk Manado yang beriak tenang
http://2.bp.blogspot.com/-nkEHPj1n1jk/UN8jDDJVMQI/AAAAAAAACSs/k7cE48B7QyU/s500/bunaken_snorkeling.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-nkEHPj1n1jk/UN8jDDJVMQI/AAAAAAAACSs/k7cE48B7QyU/s72-c/bunaken_snorkeling.jpg
dari Sabang sampai Merauke
https://www.khatulistiwa.info/2012/12/bunaken-yang-indah.html
https://www.khatulistiwa.info/
https://www.khatulistiwa.info/
https://www.khatulistiwa.info/2012/12/bunaken-yang-indah.html
true
1620220249560247209
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy