$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Mengenal dan Belajar Lingkungan Hidup di Desa Seloliman

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman (PPLH Seloliman), adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) yang berlokasi di lereng ...



Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman (PPLH Seloliman), adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) yang berlokasi di lereng sebelah barat Gunung Penanggungan tepatnya di perbukitan sejuk desa Seloliman, kecamatan Trawas kabupaten Mojokerto - Jawa Timur. Sejak tahun 1990 berusaha untuk menunjang upaya-upaya pengelolaan lingkungan hidup khususnya melalui bidang pendidikan dengan pelayanan yang bersifat informal, terbuka dan santai.

Visi, Misi dan Aktifitas

Tujuan utama PPLH dengan segala kegiatannya terutama untuk mendorong terwujudnya kepedulian semua lapisan dan golongan masyarakat baik secara sendiri atau bersama terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Sehingga akan terwujud masyarakat lestari yang peduli terhadap lingkungan hdupnya.

Pada akhirnya kerusakan dan permasalahan lingkungan yang terjadi akibat aktifitas kehidupan sehari-hari dapat dikurangi atau bahkan dihindarkan. Sehingga sumber daya alam yang ada bisa terus dilestarikan dan akhirnya bisa dinikmati dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Guest House PPLH Seloliman Visitor Center PPLH Seloliman Musholla PPLH Seloliman

Tujuan tersebut kemudian diwujudkan dalam berbagai program dan kegiatan yang dilakukan baik di dalam lokasi PPLH Seloliman ataupun di luar lokasi (langsung di masyarakat). Sedang bidang gerak utama dari program dan kegiatan PPLH adalah Pendidikan Lingkungan untuk semua golongan dan lapisan masyarakat. Yang kemudian dilakukan dalam tiga isu strategis utama :
  • Pendidikan Lingkungan bagi Proses Penyadaran
  • Pendampingan bagi Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat
  • Pertanian Ekologis (Organik) menuju Pertanian yang Berkelanjutan
Sedang topik atau isu yang dibicarakan dan dibahas dalam program dan kegiatan PPLH adalah semua hal yang berhubungan dan terkait dengan lingkungan hidup dan segala permasalahannya. Dikaji dan dibahas dari berbagai bidang ilmu seperti Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Geologi dan juga dari berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, etika, agama. Sehingga pada akhirnya akan didapatkan kemungkinan pemecahan bersama baik yang bersifat sederhana maupun terpadu dalam penerapannya baik oleh perorangan sampai kepada kerjasama dalam kelompok masyarakat.

Apa yang Dibicarakan

Pendidikan, Semua hal yang berhubungan dan terkait dengan lingkungan hidup dan segala permasalahannya. Dikaji dan dibahas dari berbagai bidang ilmu seperti Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Geologi dan juga dari berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, etika, agama. Sehingga pada akhirnya akan didapatkan kemungkinan pemecahan bersama baik yang bersifat sederhana maupun terpadu dalam penerapannya baik oleh perorangan sampai kepada kerjasama dalam kelompok masyarakat.



Sedang bidang gerak utama dari program dan kegiatan PPLH adalah Pendidikan Lingkungan untuk semua golongan dan lapisan masyarakat. Yang kemudian diwujudkan dalam tiga isu strategis utama.
  • Pendidikan Lingkungan dan Pendidikan pada Umumnya
  • Pendampingan Masyarakat bagi Pemberdayaan dan Pengembangan
  • Pertanian Ekologis (Organik)

Kelompok Sasaran

Program dan aktifitas PPLH Seloliman ditujukan bagi semua golongan dan lapisan masyarakat dengan berbagai latar belakang, diantaranya :
  • Siswa / Pelajar : TK - Perguruan Tinggi
  • Kalangan Pendidik dan Akademisi
  • Kalangan Ahli dan Profesional Kalangan Industriawan
  • Kalangan LSM dan pemerhati lingkungan
  • Kalangan Pemerintah Petani dan Masyarakat Desa
  • Masyarakat Umum Lain
Setiap tahun, PPLH Seloliman dikunjungi sekitar 12.000 orang baik peserta program, menyewa fasilitas, berkunjung dan lain-lain. Sebagian besar adalah dari kalangan siswa / pelajar (TK - Perguruan Tinggi) yang mengambil berbagai topik program yang ditawarkan

Selain di Seloliman, PPLH juga terdapat di pulau Bali, PPLH BALI , tepatnya di Jl. Danau Tamblingan 148 Sanur yang bergerak di bidang Lingkungan Perkotaan dan PPLH Putondo di Sulawesi Selatan yang bergerak di Bidang Kelautan

Seluruh areal PPLH Seloliman seluas 3.7 ha di desain sedemikian hingga menjadi media bagi upaya pengelolaan lingkungan hidup melalui pendidikan lingkungan hidup. Di areal ini terdapat berbagai contoh media pengelolaan sumber daya alam secara praktis dengan tidak meninggalkan nilai ekonomi dan ekologi. Sehingga setiap orang bisa melihat sendiri bagaimana contoh-contoh penerapan pengelolaan lingkungan yang sedehana, ditambah berbagai penjelasan dari tim PPLH yang setiap saat bersedia untuk berdiskusi dan berdialog.

Lahan PPLH



Lahan PPLH sendiri sebenarnya merupakan sebuah media bagi upaya pengembalian kondisi lahan dari kondisi yang kering dan tandus menjadi kondisi alami seperti lahan di hutan. Dengan pengelolaan dan pengolahan lahan secara alami dan secara perlahann, akhirnya kondisi lahan PPLH telah menjadi lahan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama untuk menghasilkan berbagai produk tanaman (ekonomi). Dalam pengelolaan inilah, PPLH berupaya untuk menunjukkan keada masyarakat akan keterpaduan dalam pertanian ekologis, yaitu pengelolaan lahan dengan peternakan serta rumah tangga.

MEDIA PERTANIAN YANG TERDAPAT DI LAHAN PPLH DIANTARANYA :

  • Pengelolaan dan pengolahan lahan kering dan lahan miring secara efisien.
  • Peternakan tradisional serta pengolahan limbah peternakan menjadi pupuk alami.
  • Pengolahan limbah padat menjadi pupuk kompos.
  • Kebun Tanaman Obat, Tanaman Sayur dan Tanaman Buah.
  • Hutan Buatan.
  • Green House untuk tempat pembenihan.
  • Lumbung Padi yang menyimpan berbagai benih tanaman pangan lokal.
  • Pengolahan limbah cair dari rumah tangga dengan sistem alami

Bangunan Fisik

Bangunan utama di PPLH Seloliman didesain dengan arsitektur dan penataan yang unik dan efisien dalam pemanfaatan lahan dan ruang. Artinya dalam proses pembuatannya tidak memerlukan begitu banyak energi dan bahan-bahan yang digunakan. Dengan kondisi lingkungan yang cukup bersih dan terjaga, sehingga dalam perawatan bangunan tidak diperlukan berbagai bahan kimia ataupun energi yang terlalu banyak pula namun tetap terjaga baik kebersihan bagi siapapun yang berada di dalamnya.



Bangunan-bangunan tersebut selain untuk keperluan aktifitas sehari-hari tim PPLH, juga beberapa digunakan sebagai ruang pertemuan dan diskusi kelompok masyarakt yang datang berkunjung ataupun berprogram. Selain itu juga terdapat beberapa bangunan fisik yang memang dikhususkan bagi peserta program yang menginap ataupun masyarakat yang tertarik untuk tempat istirahat sambil belajar mengenai lingkungan hidup.

Fasilitas (ruang) Pertemuan

A. RUANG SEMINAR

Dengan desain yang cukup unik, bangunan dua tingkat ini bisa dimanfaatkan secara maksimal penggunaannya. Di bagian bawah terutama untuk aktifitas sehari-hari tim PPLH, sedang bagian atas khusus sebagai ruang pertemuan yang mampu menampung lebih dari 60 orang. Desain ruang seminar ini menjadikan seluruh peserta akan saling berhadapan dan juga tidak diperlukan bantuan alat elektronik untuk pen\ngeras suara. Semua kegiatan dan program seperti seminar, lokakarya ataupun pelatihan biasanya dilakukan di ruangan ini.

B. RUANG PROGRAM DAN PERPUSTAKAAN



Di perpustakaan tersimpan lebih dari 5.000 judul buku, majalah baik yang berbahasa Indonesia ataupun berbahasa asing. Juga tersimpan berbagai media audio visual (kaset video, CD, slide) mengenai berbagai topik pendidikan lingkungan hidup. Di sini selain peserta program, semua masyarakat dapat memanfaatkan waktu untuk menambah pengetahuan dan informasi tambahan sambil menikmati suasana perpustakaan yang tenang dan asri.

C. RUANG SERBAGUNA

Dengan dikelilingi oleh kolam ikan berair jernih yang akan memberikan suasana yang sejuk, ruangan ini bisa digunakan sebagai ruangan pertemuan bagi sekitar 20 orang. Selain fungsi utama sebagai tempat ibadah, ruangan ini juga bisa digunakan untuk ruang istirahat sementara sambil menikmati pemandangan kolam ikan di sekelilingnya. Sedang di bagian bawah digunakan sebagai kantor administrasi dengan lantai di bawah permukaan air kolam di luarnya.
Selain bangunan di atas, untuk tempat pertemuan juga tersedia di ruangan terbuka terutama di bawah pohon untuk suasana yang lebih santai dan sejuk.
D. RESTORAN "ALAS"

Restoran PPLH selain ditujukan sebagai pendukung kegiatan dan program, juga sebagai media pendidikan lingkungan hidup bagi setiap pengunjung yang menikmati makanan di sini. Dengan desain bangunan yang terbuka, dikelilingi oleh kolam ikan serta letaknya di pinggir hutan memberikan suasana tersendiri bagi siapapun untuk dapat berinterkasi langsung dengan alam sambil menikmati makanan yang disajikan. Di sini pengunjung dapat menikmati makanan yang benar-benar terjaga kualitas kesehatan, karena sejak proses pengolahan hingga penyajiannya tidak ditambahkan sedikitpun bahan-bahan tambahan kimia seperti penyedap, pewarna, pengawet dll. Sedang menu yang disajikan kebanyakan adalah menu tradisional dengan pengembangannya serta menggunakan bahan dari sekitar (lokal).

Juga untuk kelompok besar, biasanya penyajiannya secara prasmanan sehingga pengunjung dapat melayani diri sendiri ditambah tim restoran akan selalu bersedia untuk diajak mengobrol tentang apa saja berkiatan dengan PPLH ataupun yang lain. Juga terdapat ruang santai di sebelah restoran serta ruang untuk lesehan yang dilengkapi dengan beberapa peralatan gamelan yang bisa dimainkan sambil mengiringi makan. Restoran PPLH tidak hanya untuk peserta program saja, tetapi semua orang yang ingin menikmati berbagai menu masakan yang ada juga bisa datang berkunjung ke sini.

Penginapan

Penginapan PPLH sebagaimana restoran juga ditujukan untuk mendukung jalannya program dan kegiatan di PPLH yang berlangsung lebih dari sehari. Ada beberapa jenis penginapan yang disesuaikan dengan kemampuan peserta program ataupun pengunjung :

A. BUNGALOW

Fasilitas penginapan yang mungil dengan kapasitas 4 orang per bangunan. Ada 8 bungalow yang tersedia dengan bentuk bangunan yang sama. Dengan letaknya yang dipinggir hutan, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan dan gunung serta nyanyian burung-burung di waktu pagi hari. Bahkan sambil mandi pun bisa menikmati pemandangan tersebut, karena kamar mandi di buat di udara terbuka.

B. GUEST HOUSE (WISMA TAMU)



Dengan desain yang lebih unik yang dikelilingi oleh kolam ikan, fasilitas penginapan ini cocok untuk kelompok besar dan suasana yang lebih tenang. Selain dilengkapi dengan peralatan memasak minuman sendiri, juga terdapat penghangat air dengan tenaga surya. Ada dua buah guest house, masing-masing untuk kapasitas 6 dan 10 orang.

C. ASRAMA

asramaUntuk kelompok yang besar bisa menggunakan fasilitas ini yang mampu menampung 60 orang. Biasanya kelompok pelajar yang menggunakan fasilitas ini, dikarenakan biayanya relatif lebih terjangkau.

Seperti halnya restoran Alas, fasilitas penginapan PPLH juga bisa di gunakan oleh siapapun yang ingin menikmati suasana alam di PPLH, baik untuk kegiatan sendiri ataupun sekedar untuk mengisi hari libur. Pemesanan tempat penginapan di PPLH bisa menghubungi Humas PPLH beberapa hari atau minggu sebelumnya mengingat di waktu-waktu tertentu sudah ada pemesan.



Alamat Kontak

Desa Seloliman, Kecamatan Trawas
Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur Indonesia
Telp.62-321-618752
Fax.62-321-618754Telp.62-321-618752
http://www.pplh.or.id | http://www.pplhselo.or.id
info@pplh.or.id atau redaksi_seloliman@yahoo.co.uk

Menuju Seloliman

Lokasi PPLH Seloliman berada di antara beberapa kota utama di Jawa Timur, sehingga dapat ditempuh dari berbagai arah dengan sarana transportasi umum (kendaraan roda dua dan empat). Ada dua alternatif menuju lokasi PPLH Seloliman :

KENDARAAN SENDIRI :
  • Arah Surabaya : Keluar Tol Gempol - Apollo/Gempol - Japanan - Ngoro Industri - PPLH Seloliman
  • Arah Malang : Pandaan - Prigen - Trawas - PPLH Seloliman.
  • Arah Yogya/Solo/Madiun : Mojokerto - Mojosari - Ngoro Industri - PPLH Seloliman.
  • Arah Probolinggo/Pasuruan : Gempol/Apollo - Japanan - Ngoro Industri - PPLH Seloliman.
ANGKUTAN UMUM :
  • Arah Surabaya : Terminal Bungurasih - Naik Bus jurusan Malang - Turun di Terminal Pandaan - Naik Minibus ke Trawas - Ojek ke PPLH Seloliman.
  • Arah Malang : Naik Bus jurusan Surabaya - Turun di Terminal Pandaan - Naik Minibus ke ke Trawas - Ojek kePPLH Seloliman.
  • Arah Yogya/Solo/Madiun : Terminal Mojokerto - Naik Bus Kuning jurusan Pasuruan - Turun di Ngoro Industri - Ojek ke PPLH Seloliman.
  • Arah Probolinggo/Pasuruan : Terminal Pasuruan - Naik Bus Kuning jurusan Mojokerto - Turun di Ngoro Industri - Ojek PPLH Seloliman.

COMMENTS

open trip pulau harapan
open trip pulau tidung
paket open trip pulau harapan
Nama

aceh,1,adat,3,adventure,30,agenda,12,agrowisata,1,air,2,air terjun,3,aktifitas,1,artikel,13,baduy,3,bahari,12,bali,1,berita,31,biak,4,biak numfor,4,bogor,1,borneo,1,bromo,3,budaya,10,cagar alam,4,camping,3,candi,3,club,2,curug,2,database,20,dieng,2,direktori,21,ekowisata,19,erupsi,6,explore indonesia,7,fauna,6,festival,5,gallery,37,gili,2,green canyon,7,gua,2,gunung,32,gunung indonesia,23,gunung kidul,1,habitat,5,halmahera,1,heritage,6,hidram,1,hiking,3,hobby,2,indonesia,18,internasional,1,jasa,4,jateng,11,jatim,18,jawa,15,jawa tengah,2,jawabarat,17,kabar,43,kalimantan,1,kampung,4,karnaval,2,karst,3,keluarga,15,kliping,4,komodo,1,komunitas,2,konservasi,8,koran,1,krakatau,2,lampung,3,lansekap,9,liburan,17,lingkungan,5,lombok,3,lsm,3,mafif,16,maluku,1,merapi,17,mojokerto,7,musium,2,nusantara,6,olahraga,2,outdoor,4,panduan,2,pangandaran,7,pantai,10,papua,7,pegunungan,3,pelatihan,4,pendidikan,8,penelitian,3,pengetahuan,7,penginapan,6,perayaan,1,perjalanan,23,permainan,1,perusahaan,2,peta,1,produk,1,profil,7,promosi,6,pulau,14,pulau seribu,7,puncak,1,purbakala,6,pusaka,8,rekreasi,16,resort,2,sejarah,13,semarang,2,sepeda,2,situs,3,snorkeling,2,sosok,1,spesies,1,suaka,5,suaka margasatwa,2,sulawesi,2,sulteng,1,sumbawa,1,taman laut,3,taman nasional,11,teknologi,2,tepat guna,2,tips info,4,travel story,28,trawangan,1,tutorial,1,ujung genteng,3,ujung kulon,1,unesco,1,unggas,2,untung jawa,2,urban,1,video,1,visit,9,wana wisata,4,website,4,weekend,13,wisata,20,wisata alam,23,zonasi,2,
ltr
item
dari Sabang sampai Merauke: Mengenal dan Belajar Lingkungan Hidup di Desa Seloliman
Mengenal dan Belajar Lingkungan Hidup di Desa Seloliman
http://1.bp.blogspot.com/-VSCpfjTtU8w/ToxALDAnW-I/AAAAAAAAA18/Dlj0gloJtLc/s500/seloliman.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-VSCpfjTtU8w/ToxALDAnW-I/AAAAAAAAA18/Dlj0gloJtLc/s72-c/seloliman.jpg
dari Sabang sampai Merauke
https://www.khatulistiwa.info/2011/10/mengenal-dan-belajar-lingkungan-hidup.html
https://www.khatulistiwa.info/
https://www.khatulistiwa.info/
https://www.khatulistiwa.info/2011/10/mengenal-dan-belajar-lingkungan-hidup.html
true
1620220249560247209
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy