$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Memasuki Museum Terbuka, Pulau Onrust

Pulau Onrust, salah satu kunjungan wisata arkeologi dan sejarah di Kepulauan Seribu Jakarta



Kebanyakan benak kita jika menyebut kata Onrust adalah sebuah pulau di kepulauan seribu yang punya bangunan tua berbentuk bundar. Onrust juga identik dengan benteng bundar. Bahkan dibeberapa hasil googling kata kunci Onrust, beberapa web memunculkan gambar benteng bundar tersebut. Saat didatangi kenyataannya berbeda tidak ada benteng bundar disana.



Kali ini, bersama beberapa teman, kami berkesempatan mengunjungi pulau ini. Berlima kami menuju Kamal Muara, lalu menyebrang menuju Pulau Onrust dengan menggunakan perahu nelayan sebagian dari penumpang kapal ini adalah para pemancing. Bahkan pemancing ini sengaja berhenti di tengah laut, lalu turun dan menaiki karamba, yang terbuat dari susunan bambu-bambu yang ditancapkan di dasar laut. Seharian nangkring diatas bambu, hal yang tidak bisa aku pahami. Mungkin karena aku jenis manusia yang tidak suka memancing.

Kamal Muara Jakarta Barat, pelabuhan ikan dan sekaligus tempat pelelangan, ramai saat dinihari ketika perahu perahu nelayan bersandar dan menurunkan hasil tangkapannya. Kami datang ketika matahari sudah condong ke atas, sehingga tinggal becek dan bau amisnya yang tersisa. Perahu-perahu nelayan itu, bersandar ujung perahu menghadap ke tembok pembatas. Ujung perahu-perahu itu ternyata bukan mengambang di air, tetapi diam di lumpur hitam. Air laut disini pun hitam seperti warna lumpur dengan bau menyengat. Tiang-tiang kayu dan bambu yang banyak dan menancap di lumpur, menambah kesan kusam.

Kami pun menaiki kapal. Sepanjang perjalanan dari Kamal Muara kami berlayar diantara ratusan atau mungkin ribuan karamba yang bertebaran di laut. Keramba yang terbuat dari bambu terpasang jaring, pada saat tertentu nelayan akan datang dan mengangkat jaring tersebut untuk mengambil ikan-ikan yang terperangkap.



Sekitar 15 menit perahu sudah mendekati pulau Kahyangan atau pulau Cipir untuk menurunkan beberapa penumpang, ada yang turun disini hanya untuk memancing. Ada pula keluarga dengan beberapa anak kecil yang nampak riang. Lalu perahu melanjutkan perjalanan menuju pulau Onrust, dan ketika sosok Onrust mulai jelas terlihat. Kami sempat bersitegang dengan pemilik perahu, karena yang kami maksud adalah pulau yang memiliki bangunan benteng bundar. Pemilik perahu menegaskan bahwa pulau yang dimaksud itu adalah pulau Kelor, sementara kami dari awal mengatakan bahwa tujuan kami adalah pulau Onrust.

Wow… ternyata kami salah mengira… Namun karena sudah deal sejak awal, maka kamipun turun di pulau Onrust. Penjelajahan dimulai dengan menyeberangi daratan pulau ini sampai menemui pantai di sisi lainnya. Kami melihat ada beberapa orang yang sedang memancing.



Ada dua bangunan yang terawat. Satu berfungsi sebagai museum, satu lagi ada di bibir pantai mungkin sebagai rumah atau kantor penjaga pulau, sisanya hanyalah puing-puing dan fondasi bangunan kuno. Masing-masing sisa peninggalan tersebut disertai dengan sebuah papan kecil yang bertuliskan fungsi bangunan ini saat di zaman kompeni dulu. Sebagian besar adalah bekas karantina jemaah haji sebelum diberangkatkan dengan kapal menuju tanah suci Makkah. Itu terjadi sekitar awal abad 20. Juga ada bekas ruang pemeriksaan , maksudnya ruang pemeriksaan kesehatan jemaah Haji.



Ujung yang lain terdapat kuburan Belanda yang tidak terawat, sebagian besar terbuat dari batu bata. Menariknya, ternyata ada satu komplek makam yang lebih terawat, dan dipayungi oleh pendopo sederhana, konon kuburan tersebut adalah Makam Kartosuwiryo, tokoh DI-TII. Di dalam komplek kuburan ini juga ada beberapa papan kecil berisi informasi tentang siapa yang dimakamkan disini, diantara sekitar 40 Nisan. Salah satunya adalah makam Johanna Kalf istri dari bos Onrust yang lahir 1694 dan meninggal tahun 1719, jadi ia hanya hidup selama 25 tahun. Belakangan baru aku ketahui, ternyata pulau ini memiliki misteri, penghuninya rata-rata berumur pendek. Beberapa prasasti yang ditulis dalam bahasa Belanda kuno menyertai nisan-nisan tersebut.

Saya melihat ada sebuah papan yang tergeletak dibawah dan bertuliskan “pondasi ini adalah sisa reruntuhan benteng Martello” Benteng inilah sesungguhnya yang ingin kami datangi, yang sekarang tinggal satu di pulau Kelor.
Sementara ‘Babe’ seniorku sibuk memotret modelnya, saya berjalan menuju museum, di hari minggu itu, saya adalah satu-satunya pengunjung yang ada didalam museum itu sendirian, tanpa penjaga. Agak seram juga berada di dalam gedung besar ini sendirian. Saya mengamati sisa-sisa peninggalan Onrust, baik yang berupa pecahan keramik, serta barang-barang lain yang terbuat dari besi, termasuk sepatu besi yang ternyata dulu fungsinya sebagai sepatu selam. Aku baca juga semua poster-poster yang bertuliskan sejarah Onrust, dulu dan fungsinya sekarang. Ada untungnya juga kesasar ke pulau ini, jadi tahu betapa megahnya dulu Onrust.



Ternyata bangunan museum ini telah dipugar hingga jadinya sebagus sekarang, dan dituliskan bahwa Pemugaran bangunan ini bukan dalam rangka untuk mengingat kejayaan kolonial, namun ingin menampilkan fakta bahwa penjajahan itu memang pernah ada. Penjajahan Belanda di Indonesia adalah bagian dari sejarah panjang bangsa Indonesia. Bila bangunan masa penjajahan Belanda dihancurkan semua, generasi mendatang tidak akan lagi pernah melihat bukti-bukti penjajahan itu.



Pengelola Taman Arkeologi Onrust memiliki rencana mengembangkan situs arkeoligi Onrust sebagai open air Museum. Menjadikan archeological site Onrust itu sendiri sebagai museum dengan menampilkan kembali landscape masa lalu. Selain menjadikan situs sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan, pengelola ingin terus memperbaiki dan menambah fasilitas umum, termasuk membangun fasilitas akomodasi bagi wisatawan menginap.

bersambung... Onrust, Pulau yang tak pernah istirahat..

COMMENTS

open trip pulau harapan
open trip pulau tidung
paket open trip pulau harapan
Nama

aceh,1,adat,3,adventure,30,agenda,12,agrowisata,1,air,2,air terjun,3,aktifitas,1,artikel,13,baduy,3,bahari,12,bali,1,berita,31,biak,4,biak numfor,4,bogor,1,borneo,1,bromo,3,budaya,10,cagar alam,4,camping,3,candi,3,club,2,curug,2,database,20,dieng,2,direktori,21,ekowisata,19,erupsi,6,explore indonesia,7,fauna,6,festival,5,gallery,37,gili,2,green canyon,7,gua,2,gunung,32,gunung indonesia,23,gunung kidul,1,habitat,5,halmahera,1,heritage,6,hidram,1,hiking,3,hobby,2,indonesia,18,internasional,1,jasa,4,jateng,11,jatim,18,jawa,15,jawa tengah,2,jawabarat,17,kabar,43,kalimantan,1,kampung,4,karnaval,2,karst,3,keluarga,15,kliping,4,komodo,1,komunitas,2,konservasi,8,koran,1,krakatau,2,lampung,3,lansekap,9,liburan,17,lingkungan,5,lombok,3,lsm,3,mafif,16,maluku,1,merapi,17,mojokerto,7,musium,2,nusantara,6,olahraga,2,outdoor,4,panduan,2,pangandaran,7,pantai,10,papua,7,pegunungan,3,pelatihan,4,pendidikan,8,penelitian,3,pengetahuan,7,penginapan,6,perayaan,1,perjalanan,23,permainan,1,perusahaan,2,peta,1,produk,1,profil,7,promosi,6,pulau,14,pulau seribu,7,puncak,1,purbakala,6,pusaka,8,rekreasi,16,resort,2,sejarah,13,semarang,2,sepeda,2,situs,3,snorkeling,2,sosok,1,spesies,1,suaka,5,suaka margasatwa,2,sulawesi,2,sulteng,1,sumbawa,1,taman laut,3,taman nasional,11,teknologi,2,tepat guna,2,tips info,4,travel story,28,trawangan,1,tutorial,1,ujung genteng,3,ujung kulon,1,unesco,1,unggas,2,untung jawa,2,urban,1,video,1,visit,9,wana wisata,4,website,4,weekend,13,wisata,20,wisata alam,23,zonasi,2,
ltr
item
dari Sabang sampai Merauke: Memasuki Museum Terbuka, Pulau Onrust
Memasuki Museum Terbuka, Pulau Onrust
Pulau Onrust, salah satu kunjungan wisata arkeologi dan sejarah di Kepulauan Seribu Jakarta
http://1.bp.blogspot.com/-VJKofOIEn0Q/UcXPAeD_IyI/AAAAAAAACb8/56Ns724WNfE/s500/pulau_onrust.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-VJKofOIEn0Q/UcXPAeD_IyI/AAAAAAAACb8/56Ns724WNfE/s72-c/pulau_onrust.jpg
dari Sabang sampai Merauke
https://www.khatulistiwa.info/2013/06/memasuki-museum-terbuka-pulau-onrust.html
https://www.khatulistiwa.info/
https://www.khatulistiwa.info/
https://www.khatulistiwa.info/2013/06/memasuki-museum-terbuka-pulau-onrust.html
true
1620220249560247209
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy